Tuesday, January 24, 2012

All about "Pendidikan Dokter"


 Mari Berkenalan
            Pendidikan Dokter atau biasa dikenal dengan kedokteran umum (KU) adalah jurusan yang berada dibawah naungan fakultas kedokteran. Di beberapa universitas, KU berdiri sendiri sebagai sebuah fakultas, namun di beberapa universitas lainnya, KU ditemani Ilmu Keperawatan dan Gizi Kesehatan dalam sebuah fakultas kedokteran. Saat ini, terdapat 71 program studi pendidikan dokter yang tersebar di seluruh Indonesia baik universitas negeri maupun swasta. Jumlah ini diperkirakan  akan semakin bertambah, karena jumlah peminat yang tinggi dan belum semua provinsi di Indonesia memiliki Fakultas Kedokteran.
            KU mempelajari tentang manusia baik secara struktur anatomis seperti organ, jaringan hingga struktur sel penyusun tubuh manusia dan fisiologis seperti fungsi bagian-bagian tubuh manusia, mekanisme terjadinya penyakit, dan beberapa agen penyebab penyakit seperti bakteri dan virus. Selain mempelajari tentang penyakit-penyakit, kamu juga belajar cara mengobatinya, baik pencegahan maupun pengobatan seperti terapi medikamentosa/menggunakan obat maupun non-medikamentosa/perubahan life style.
            Selain ilmu-ilmu medis, kamu juga akan mendapatkan ilmu pendukung seperti psikologi dan  komunikasi guna berkomunikasi dengan pasien, serta hukum agar kamu dapat terhindar dari tuntutan malpraktek. Kamu akan diajarkan bagaimana melakukan praktek kedokteran dengan baik dan benar, serta memenuhi unsure etika.

Awal Mula
            Ilmu kedokteran atau kesehatan awalnya adalah menggunakan tanaman ataupun binatang dalam mengobati suatu penyakit, bahkan menggunakan benda-benda yang dipercayai memiliki kekuatan magis. Ilmu kedokteran kuno berkembang di berbagai wilayah seperti Mesir, Yunani, dan India, dimana muncul para tokoh yang ahli di bidang kesehatan seperti avicena dan Hipokrates.
Ilmu kedokteran yang dipraktekkan pada masa kini berkembang pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 di Inggris (oleh William Harvey, pada  abad ke-17), Jerman (Rudolf Virchow) dan Perancis (Jean-Martin Charcot, Claude Bernard). Ilmu kedokteran modern adalah kedokteran "ilmiah" (di mana semua hasil-hasilnya telah diujicobakan) Pusat perkembangan ilmu kedokteran berganti ke Britania Raya dan Amerika Serikat pada awal tahun 1900-an dengan tokoh  William Osler dan  Harvey Cushing.
Tongkat yg dibelit ular tentunya bukan hal asing lagi, ini merupakan simbol kedokteran/kesehatan yang dikenal dengan Aeusculapius. Banyak lembaga-lembaga  kesehatan maupun beberapa instansi kesehatan menggunakan simbol ini
Pendidikan kedokteran di Indonesia dimulai sejak tahun 1851. Pendirian sekolah keahlian di bidang kedokteran berawal dari terjadinya epidemi penyakit menular yang menyerang tenaga kerja pribumi di perkebunan-perkebunan Belanda. Pemerintah kolonial mengkhawatirkan penyakit tersebut mempengaruhi kinerja pegawainya, maka didirikanlah  Sekolah Dokter Djawa yang dikenal dengan STOVIA. Mahasiswa STOVIA merupakan awal intelek muda Indonesia, mereka prihatin dengan kondisi bangsa Indonesia dan memulai pergerakan Nasional dengan mendirikan organisasi Budi Oetomo  yang berhasil mengikrarkan Sumpah Pemuda. Hingga pada akhirnya Jepang datang, STOVIA dibubarkan, muncul pendidikan kedokteran baru. Lalu memasuki era proklamasi sekolah kedokteran tersebut bergabung dengan Universitas Indonesia.
Pada saat itu mahasiswa STOVIA yang berpraktik sebagai dokter, lebih dekat ke rakyat kecil daripada kepada para pejabat. Rasa empati kepada rakyat kecil inilah yang merupakan nilai mulia yang seharusnya terus tertanam dalam diri para calon dokter Indonesia dimanapun berada dan sampai kapanpun.

Saatnya Belajar
            Pembelajaran dijurusan kedokteran dilakukan dalam bentuk perkuliahan dan laboratorium. Di universitas yang menerapkan kurikulum Berbasis Kompetensi, menambahkan sistem tutorial dalam kegiatan belajarnya. Tutorial adalah diskusi kelompok kecil yang didampingi oleh tutor (dosen), dimana mahasiswa membahas dan mendiskusikan sebuah kasus. Materi di kedokteran  tidak terlepas dari pelajaran biologi, biologi manusia terbagi menjadi ilmu dasar:
-          Anatomi: mempelajari struktur fisik tubuh manusia. anatomi adalah pelajaran wajib di kedokteran, sebagai dasar dari ilmu-ilmu lainnya. Kamu akan belajarnya di lab langsung dari cadaver (sebutan untuk mayat yang telah diwetkan).
-          Fisiologi: ilmu yang mempelajari fungsi berbagai organ dan sistem organ serta interaksinya dalam tubuh manusia
-          Biokimia : mirip pelajaran kimia di SMA, tapi yang ini mempelajari tentang reaksi metabolisme di tubuh manusia.
-                Histologi : mempelajari sel-sel tubuh manusia secara mikroskopik,
-      Medical skills: biasa disebut keterampilan medik, diajarkan di skills Laboratory. Disini kamu mempelajari tentang keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai maupun yang sebaiknya dikuasai dokter umum (lulusan S1), contohnya keterampilan dalam injection (menyuntik), memasang infuse, membantu persalinan, menjahit luka, pemeriksaan fisik, dan pemasangan KB

Selain materi pokok diatas kamu juga akan mempelajari berbagai macam ilmu, yang membantu seorang dokter menjalankan tugasnya dan mengembangkan kemampuannya, seperti
-          patologi anatomi : mempelajari sel-sel yang abnormal, yaitu sel yang mengalami perubahan karena proses penyakit, seperti mengamati karakteristik sel tumor dan sel kanker.
-          patologi klinik: pemeriksaan laboratorium untuk menegakkan diagnosis suatu penyakit, contonya pemeriksaan darah rutin, gula darah, dan kolesterol.
-          farmakologi: ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan, seperti efek samping obat, pencernaan obat oleh tubuh, pengeluarannya dari tubuh, dan interaksi dengan obat lain.
-          Virology, bakterilogi, parasitologi, microbiology : yaitu ilmu yang mempelajari penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, dan mikroba  
-          medical pharmacy: belajar penulisan resep yang benar dan rasional (tepat aturan),

Kamu juga akan mempelajari wawasan pendukung seperti :
-     Ilmu komunikasi, Bagaimana kamu memiliki komunikasi yang baik dengan pasien,
-      psikologi, agar dapat menghadapi pasien dengan berbagai karakter tertentu
-      Etika Kedokteran, seperti bagaimana memperlakukan pasien, bersikap profesional dan menjaga kerahasiaan pasien
cabang-cabang ilmu spesialis lainnya juga mulai kamu pelajari seperti ilmu penyakit dalam, bedah, kedokteran jiwa, kegawatdaruratan (emergency), neurologi (mempelajari tentang saraf), tumbuh kembang anak, rehabilitasi medic, onkologi (ilmu tentang kanker), kesehatan kerja, kesehatan masyarakat, dan kedokteran forensik.

Konsentrasi Jurusan
Jurusan kedokteran umum tidak memiliki proses penjurusan dalam program studinya. Setelah lulus nanti, kamu akan menjadi dokter umum (dengan gelar dr.) dan bisa mengikuti pendidikan spesialis. Lama waktu studi jurusan kedokteran umum adalah 3,5-4 tahun (berbeda setiap universitas), setelah mendapatkan gelar S.Ked, dilanjutkan dengan program profesi/ coass 1,5-2 tahun di Rumah sakit, puskesmas, maupun balai pengobatan, hingga kemudian mendapatkan gelar dokter umum dan melakukan sumpah dokter.
Setelah mendapat surat izin praktek kamu harus melakukan internship selama satu tahun. Internship biasa dikenal dengan istilah magang dan bersifat wajib. Dokter internship ditempatkan di sarana pelayanan kesehatan baik ditingkat kabupaten maupun provinsi untuk memenuhi kebutuhan akan dokter didaerah tersebut. Dalam kurun waktu tersebut tersebut, kamu akan didampingi oleh dokter yang lebih senior, sifatnya hanya mendampingi dan tanggung jawab terhadap pasien tetap  berada pada dokter internship tersebut, berbeda dengan coass. Sasaran akhir internship adalah menerapkan serta memahirkan kompetensi yang telah diperoleh selama pendidikan.
Setelah lulus dari institusi pendidikan, mereka  akan menjalani uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat kompetensi yang akan digunakan untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR), STR digunakan dalam mendaftar untuk mendapatkan surat izin praktek (SIP). Jadi alurnya adalah: ijasah dokter à sertifikat kompetensi à STR internshipà SIP internshipà STR àSIP.
Setiap lima tahun sekali, Surat Ijin Praktek harus diperbaharui. Seorang dokter harus melalui tes UKDI  (Uji Komptensi Dokter Indonesia), jika belum lulus Surat Ijin Praktek tidak dapat diterbitkan, sehingga praktek kedokteran dari dokter tersebut akan terganggu. UKDI dimaksudkan meningkatkan kualitas seorang dokter terhadap ilmu yang dimiliki. Menjadi seorang dokter tentunya harus terus belajar, karena ilmu kedokteran semakin berkembang,bisa saja apa yang diajarkan hari ini tidak relevan digunakan dalam sepuluh tahun mendatang atau hanya sedikit yang benar.

Selepas Wisuda

Bekerja.
            Profesi dokter sangat dibutuhkan di Indonesia saat ini, kemiskinan dan rendahnya kesejahteraan sosial mengakibatkan tingginya angka kematian karena gizi buruk serta meningkatnya penyakit menular/ penyakit infeksi karena kondisi sanitasi yang masih buruk. Jumlah dokter di Indonesia yang ada sekarang belum mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia, penyebaran dokter saat ini juga tidak merata (kebanyakan di pulau Jawa). Sehingga dunia kesehatan masih membutuhkan dokter yang siap diterjunkan ke masyarakat luas, terlebih bagi mereka yang mau ditugaskan  ke area-area yang masih jarang dijangkau.
            Selepas menyelesaikan studi S1 dan mendapatkan gelar dokter, kamu kamu dapat langsung memilih untuk menjadi :
-      Membuka praktek pribadi : kamu dapat melayani para pasien secara pribadi di lokasi yang kamu pilih. Dibutuhkan biaya yang lebih untuk pengadaan ruang praktek, fasilitas, maupun obat-obatan.
-    Dokter PNS, kamu akan ditempatkan di puskesmas, rumah sakit daerah, rumah sakit pusat, dinas kesehatan, serta RS swasta. Kamu akan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan beasiswa spesialis dengan ikatan dinas tertentu. Semua hal telah ditentukan pemerintah seperti lokasi penempatan, fasilitas, dan penghasilan.
-  Dokter swasta, seperti dokter perusahahaan migas, laboratorium, dokter RS swasta maupun BUMN. Kamu dapat mengajukan lamaran ke perusahaan sesuai dengan karaketeristik dokter yang dibutuhkan diperusahan itu
-  Dosen, untuk menjadi dosen minimal kamu harus berijasah dokter spesialis, S2, maupun S3, kamu juga bisa menjadi researscher yang nantinya akan mengajarkan seluk beluk penelitian, termasuk statistika kedokteran.
persyaratan setiap pekerjaan tergantung kebijakan masing-masing institusi, diantaranya persyratan administratif (seperti ijasah, IPK, surat kelakuan baik, CV, punya SIP,dll), Prestasi-prestasi yang pernah dicapai, sertifikat-sertifikat seminar yang bersertifikasi IDI, ada juga beberapa institusi yang meminta persyaratan dokter yg bersangkutan pernah mengikuti PTT/ Pegawai tidak tetap (PTT sifatnya tidak wajib, yaitu program Depkes berupa penempatan tenaga dokter ke daerah-daerah terpencil).

Belajar Lagi
Buat kamu yang masih ingin belajar/ melanjutkan studi ada beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan, diantaranya :
-          mengambil spesialisasi
menjadi dokter spesialis sesuai bidang yang diminati, lama studi akan bergantung pada bidang yang kamu pilih, untuk memasuki spesialis-spesialis tertentu juga memiliki persyaratan khusus (misalnya nilai minimum IPK). Disini kamu lebih banyak belajar ilmu  klinik dan biasa dikenal dengan sebutan residen (residen bedah, residen anak, dll). Spesialisasi yang dapat diambil antara lain: spesialis kandungan (Sp.OG),spesialis mata (Sp.M), spesialis anak (Sp.A),spesialis bedah(Sp.B),spesialis penyakit dalam(Sp.PD), spesialis forensic (Sp.F), spesialis bedah (Sp.B), spesialis kulit kelamin (Sp.KK), spesialis THT, Spesialis Bedah (Sp.B), Spesialis Bedah Anak (Sp.BA),Spesialis Bedah Plastik (Sp.BP), Spesialis Bedah Syaraf (Sp.BS) , spesialis andrologi (Sp.And), spesialis urologi (Sp.U), spesialis anestesi (Sp.An), Spesialis Radiologi (Sp.Rad), dll
-          dokter militer
kamu dapat menambah keterampilan medis dengan mengikuti pendidikan dokter TNI AD, disini kamu dapat memperoleh keterampilan baru seperti manajemen bencana alam, kondisi emergency ketika situasi peperangan, dan masalah kesehatan spesifik di lingkungan yang berubah-ubah (misalnya di hutan).Selain itu kamu juga dapat memperoleh beasiswa menjadi dokter spesialis sesuai kesepakatan awal. Kamu harus memenuhi standar kondisi fisik militer untuk dapat menjadi dokter militer. Kamu juga akan memperoleh pendidikan dasar militer selama 7 bulan di akademi militer dan memproleh pangkat letnan dua. Kamu dapat terpilih menjadi dokter kontingen Garuda (tim kesehatan khusus ke Negara berkonflik), dokter peneliti di Lembaga kesehatan Militer,dsb
-          Studi nonspesialis
Pendidikan S2 yang diambil di dalam negeri adalah program Magister yang nantinya akan mendapatkan gelar M.Pd.Ked, magister memiliki kompetensi dalam hal-hal tertentu seperti pengembangan kurikulum pendidikan dokter (curriculum design skill), pengembangan ilmu pendidikan kedokteran (research skill), melaksanakan pendidikan (curriculum delivery skill) dan melaksanakan evaluasi pendidikan (student evaluation dan program evaluation skill). Program ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi seorang dosen.
Selain itu banyak pula lulusan dokter menempuh studi di luar negeri untuk mendapatkan gelar Ph.D (Phylosophy of Doctors), Ph.D adalah gelar untuk S3, jadi seorang dokter bisa langsung mengambil S3 tanpa melalui S2.

Kamu Juga Perlu Tahu
Bekal dari sekolah:
-          Biologi: Pelajaran di jurusan kedokteran mirip dengan pelajaran Biologi SMA, karena sudah mulai membahas secara detil sistem tubuh manusia. dengan memahami pelajaran ini, akan sangat membantu kamu ketika mempelajari ilmu-ilmu kedokteran.
-          Kimia : jurusan kedokteran belajar mengenai proses-proses kimia yang terjadi dalam tubuh manusia, kamu yang mengusai pelajaran ini akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Kimia di jurusan kedokteran tidak menggunakan hitungan-hitungan, karena lebih menekankan pada prinsip reaksi.

Kemampuan yang Mendukung
Bagi kamu yang berminat melanjutkan studi di kedokteran sebaiknya juga memiliki kemampuan seperti:
-          Membaca, Memahami, dan Menghafal
Membaca, memahami, dan menghafal itulah kemampuan yang sebaiknya dimiliki seorang mahasiswa kedokteran. Seorang dokter harus siap untuk Long live learning (belajar seumur hidup), karena ilmu kedokteran berkembang sangat cepat, sehingga memaksa seorang dokter harus selalu meng-update ilmunya agar tidak salah  dalam menangani pasien,
-          Bahasa Inggris
Hampir semua buku kedokteran berbahasa Inggris dan biasanya para dosen menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar kuliah. Di beberapa universitas ada yang menggunakan bahasa Inggris di dalam tutorial (diskusi kelompok). Oleh karena itu kemampuan berbahasa Inggris dapat membantu proses belajar lebih efektif. Bagi yang belum mahir, ayo segera mengambil kursus bahasa inggris!
-          Seni (Art)
Praktek  kedokteran mengkombinasikan sains dan seni. Seni kedokteran adalah penerapan gabungan antara ilmu kedokteran, intuisi, dan keputusan medis untuk menentukan diagnosis yang tepat dan perencanaan perawatan untuk setiap pasien serta merawat pasien sesuai dengan kebutuhanya, karena setiap pasien memiliki karekteristik sendiri, tidak dapat diseragamkan antara satu dengan yang lainnya.

Mitos
-          Dokter sengaja membuat tulisannya jelek seperti cakar ayam
Mungkin sebagian orang menganggap tulisan ini sengaja dibuat jelek/tidak jelas agar terlihat eksklusif dan rahasia, anggapan ini tentu salah besar, tulisan yang susah dibaca akan membuat apoteker kesulitan membaca resep, sehingga memungkinkan kesalahan dalam pemberian obat dan akan menyulitkan dalam membaca rekam medis pasien. Dalam penulisan resep pun ada aturan-aturan tersendiri dan tata cara penulisan, dimana terdapat banyak simbol-simbol yang hanya bisa dipahami oleh praktisi kesehatan (dokter dan apoteker)
-          Untuk masuk jurusan kedokteran menghabiskan banyak biaya
Mahalnya biaya adalah karena fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar memakan biaya yang banyak, seperti peralatan dan bahan-bahan untuk praktek, serta buku-buku penunjang yang harganya mahal . Tak heran banyak orang memiliki anggapan bahwa mahasiswa kedokteran adalah anak orang kaya. Namun demikian, bukan itu syarat utamanya, karena saat ini banyak beasiswa yang ditujukan pada mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi yang lebih. Jadi jangan sampai kamu merasa minder masuk FK karena tidak memiliki biaya yang cukup, selama kamu memiliki kemampuan dan kemauan, kamu dapat memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studimu.

Tokoh

-          Patch Adams
Begitu biasanya orang menyapa, beliau adalah seorang dokter, aktivis sosial, badut profesional, diplomat rakyat, penulis, dan pendiri Gesundheit! Institute, sebuah rumah sakit di Virginia, AS. Bisa dibilang sebagai dokter yang sangat eksentrik, Sejak kuliah, ia termasuk orang yang anti kedokteran modern. Dimana pasien diperlakukan bagai robot, dan meminta bayaran yang tinggi. Hal ini yang mengusik nurani Patch untuk mengubah itu semua. Mengembalikan seni ilmu kedokteran ke asalnya dimana rasa kasih sayang dan penuh perhatian diberikan kepada pasien. Di Gesundheit dia memberikan pelayanan kepada siapapun tanpa memungut biaya, Patch ingin menunjukkan bahwa dengan tidak memungut bayaran, ia bisa memberikan cinta dan kasih sayang kepada para pasiennya, selain itu tempat tersebut dilengkapi fasilitas bermain, taman, dsb. Sehingga dengan itu semua membuat tubuh pasien menghasilkan kesembuhan yang alami

-          Dr. Diana Bascin
Diana bascin adalah dokter muda yang mengabdi sebagai tenaga PTT (pegawai tidak tetap) di Pulau Maya Karimata di sebelah barat pulau Kalimantan. Daerah tersebut sudah 9 tahun tidak memiliki dokter dan terancam endemic malaria. Ditengah masyarakat yang minim pemahaman tentang kesehatan, dimana mereka lebih percaya terhadap dukun dan kondisi daerah yang terisolasi serta minim fasilitas air bersih dan kesehatan, dokter Diana tetap bertahan menghadapi reaksi masyarakat tentang keberadaanya dan berusaha melakukan apa yang dia bisa untuk kesehatan masyarakat

Hal-hal Unik
-          Sering terjadi kesalahan penggunaan Monitor EKG (layar computer yang memperlihatkan denyut nadi pasien) yang biasanya digunakan untuk mendramatisir kematian seseorang dalam dunia film dan video clip. Video clipnya Naff kaulah hidup dan matiku , monitor EKG digunakan dengan cara yang salah, dimana dimonitor EKG ada tulisan Lead off yang berarti alat tidak terpasang dengan benar, selang oksigennya juga kebalik.
-          Semua keterampilan medis dipelajari dengan menggunakan manekin (boneka menyerupai manusia). Manekin dibuat menyerupai manusia sesungguhnya, misalnya ketika kamu belajar menyuntik dan salah menusukkan jarum suntiknya, maka akan keluar darah seperti kondisi aslinya.

Website
di website ini kamu akan dapat menambah wawasan kamu mengenai bagaimana pemerintah mengatur dunia kesehatan di Indonesia. Berbagai macam informasi program kesehatan pemerintah dapat kamu peroleh disini.
kalau kamu ingin melihat gambaran mengenai dunia kedokteran yang kompleks dan lengkap kamu dapat melihat website ini. Kamu akan disungguhi oleh berbagai macam istilah dan isu-isu dunia kedokteran terbaru
website ini dimiliki oleh Ikatan Dokter Indonesi (IDI). Dengan mengunjungi website ini kamu akan mengetahui organisasi yang akan menaungimu setelah lulus dari fakultas kedokteran. Diwebste ini kamu juga dapat melihat artikel-artikel dunia kedokteran Indonesia terbaru dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh IDI.

2 comments:

  1. Makasih ya kak atas informasinya, setelah ini saya akan mempelajari lalu menguasai kemudian memperdalam dan yg terakhir membagi dan memamalkan ilmu tentang kedokteran yg seperti kak tulis diatas, agar saya suatu saat nanti setelah lulus sma bisa bersekolah di fakultas kedokteran dan lulus sebagi kunglaud, astungkara....:-)

    ReplyDelete
  2. Makasih ya kak atas informasinya, setelah ini saya akan mempelajari lalu menguasai kemudian memperdalam dan yg terakhir membagi dan memamalkan ilmu tentang kedokteran yg seperti kak tulis diatas, agar saya suatu saat nanti setelah lulus sma bisa bersekolah di fakultas kedokteran dan lulus sebagi kunglaud, astungkara....:-)

    ReplyDelete